Pengertian Virtual Account Cara Kerja dan Manfaatnya

Virtual Account adalah rekening buatan yang tidak benar-benar nyata atau virtual. Biasanya, dalam akun ini terdapat nomor ID pelanggan yang dibuat oleh bank. Pembuatan akun dapat dilakukan sesuai permintaan perusahaan dengan tujuan untuk melakukan transaksi.

Bentuk virtual account bisa berbeda-beda sesuai provider/bank penggunanya. Akan tetapi umumnya virtual account berbentuk kombinasi angka atau angka-huruf unik.

Saat ini, hampir semua bank memiliki virtual account agar nasabah lebih mudah bertransaksi secara online.

Perbedaan Virtual Account dengan Manual Transfer

Dari Segi Alur Transaksi

Cara kerja virtual account memang lebih rumit dibandingkan rekening biasa, karena kamu perlu menangani pembayaran sendiri. Namun selama informasi alur transaksi yang disediakan jelas dan lengkap, kamu tidak akan kesulitan melakukan pembayaran melalui VA.

Dari Segi Pelayanan

Saat kamu melakukan setor tunai melalui teller untuk bertransaksi, tentu teller bank akan melayani kebutuhanmu. Di lain sisi, pengguna virtual account melakukan pelayanan terhadap diri sendiri atau self-service. Ketika kamu bertransaksi secara online dan memilih VA sebagai metode pembayaran, maka nomor VA kamu akan secara otomatis terbuat. Kamu hanya perlu mengikuti sesuai dengan petunjuk pembayaran melalui VA.

Dari Segi Pencatatan Transaksi

Pernah kelabakan saat kehilangan bukti pembayaran melalui rekening biasa? Hal ini tidak akan menimpa Anda jika bertransaksi dengan akun VA.

Setiap kode buatan akun virtual account adalah kode unik yang hanya bisa dipakai satu orang. Oleh karena itu saat melakukan pembayaran melalui VA, bank akan langsung mengetahui pengirimnya adalah Anda.

Keuntungan Menggunakan Virtual Account

1. Transaksi Dapat Dilakukan Dimana & Kapan Saja

Pernah ingat betapa susahnya minta izin ke kantor saat harus ke bank? Atau mengalami letak ATM sangat jauh dari rumah?

Manfaat virtual account yang akan kita bahas pertama adalah fleksibilitas transaksi. Dengan adanya VA, Anda tidak perlu mengalami dua kejadian tadi. Jika ingin melakukan pembayaran, Anda tinggal membuka m-banking dan memasukkan kode VA, tidak perlu repot-repot ke bank atau ATM.

2. Lebih Praktis untuk Pembukuan

Pada umumnya, semua bank penyedia layanan VA akan merinci secara detail dan real time di rekening giro atas seluruh pembayaran melalui VA yang berhasil. Nomor, nama virtual account, bank, dan nominal yang dibayarkan akan terlihat dan dapat diunduh dalam bentuk laporan. Layanan ini pastinya akan membantumu dalam melakukan rekonsiliasi sebab akses laporan transaksi terdata secara lengkap dan jelas.

3. Lebih Aman

Transaksi bisnis toko online menggunakan virtual account lebih aman dibandingkan transaksi manual. Nomor unik virtual account bisa diatur kadaluarsa setelah transaksi selesai. Hal ini untuk mencegah nomor tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Tidak Perlu Konfirmasi Pembayaran

Manfaat terakhir virtual account adalah pengguna tidak perlu susah payah menyimpan bukti atau melakukan konfirmasi pembayaran. Akun VA adalah akun khusus satu pengguna. Sehingga tiap nasabah bank yang memiliki VA sudah terdeteksi identitasnya secara otomatis oleh bank, tanpa harus membuktikan pembayaran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.