Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 58 59 60 61 62 63, Subtema 2 Pembelajaran 3: Adat Istiadat

Simak pembahasan soal dan kunci jawaban tema 3 kelas 5 SD halaman 58, 59, 60, 61, 62, dan 63 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 3. Buku Tematik Tema 3 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Makanan Sehat. Dalam Pembelajaran 3 Subtema 2 ini terdapat pembahasan mengenai adat istiadat masyarakat Indonesia.

Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak. Amatilah gambar di bawah ini dengan cermat! Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan pertanyaan berikut!

Suasana pasar selalu ramai oleh penjual dan pembeli. Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar? Jawaban:

Di pasar kita dapat menemui pembeli dan penjual beserta barang dagangan mereka. Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat sampai ke rumah kita? Jawaban:

Sayur dan buah ditanam oleh petani kemudian dibawa pedagang ke pasar untuk dijual dan Ibu kita membeli sayur dan buah di pedagang, begitulah cara buah dan sayur sampai di rumah. Aktivitas apa saja yang dapat ditemukan pada gambar di atas? Jawaban:

Transaksi atau jual beli antara pedagang dengan pembeli Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan di pasar? Jawaban:

Pedagang dan pembeli Lengkapi tabel berikut ini berdasarkan hasil pengamatanmu terhadap gambar pasar di depan. Jawaban:

Jenis Aktivitas: Jual beli Pelaku Aktivitas: Pedagang dan pembeli Jenis Aktivitas: Tawar menawar Pelaku Aktivitas: Pedagang dan pembeli Wah, ternyata ada beragam aktivitas di sebuah pasar, ya? Bagaimana dengan lingkungan sekitarmu? Aktivitas apa sajakah yang dapat kamu temui di sana dan siapa sajakah yang melakukannya?

Bacalah teks bacaan di bawah ini! Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial. Kesejahteraan sosial tidak hanya berkenaan dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk mengembangkan dirinya. Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi. Dalam melakukan aktivitas kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, tak jarang kita akan berhadapan dengan keanekaragaman yang tinggi. Contohnya di pasar.

Amatilah gambar pasar yang disajikan sebelumnya! • Perbedaan apa sajakah yang dapat kamu temukan di pasar? Jawaban:

Perbedaan harga jual barang, cara menawar antar pedagang dan pembeli, kualitas barang yang dijual serta kondisi pasar. • Apakah orang orang yang beraktivitas tersebut memiliki kebiasaan yang sama? Jelaskan! Jawaban:

Tidak setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang berbeda. Para pedagang menjual barang berbeda untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang bermacam macam. Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama dikenal dengan adat istiadat. Adat istiadat merupakan kebiasaan sosial yang sejak lama ada di dalam masyarakat dan bertujuan mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut. Adat istiadat setiap kelompok masyarakat bisa sama atau berbeda satu dengan yang lain. Contohnya saja, ada istiadat masyarakat Osing di Banyuwangi yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Madura, dan Bali. Kemudian adat istiadat masyarakat desa di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang ternyata memiliki persamaan. Salah satu persamaannyanya bahwa mereka memiliki ikatan yang berdasarkan pada persahabatan.

Lakukanlah sebuah wawancara sederhana ke beberapa orang temanmu. Cari tahu apa saja kebiasaan atau adat istiadat yang mereka miliki. Gunakanlah tabel berikut untuk membantumu. Ceritakan hasil wawancaramu di depan kelas. Jawaban: Nama Teman: Sopiah Asal Daerah: Subang, Jawa Barat Adat Istiadat yang Biasa Dilakukan: Sisingaan, tradisi mengarak anak sehari sebelum dikhitan dengan menggunakan tandu berbentuk singa.

Nama Teman: Bayu Asal Daerah: Solo, Jawa Tengah Adat Istiadat yang Biasa Dilakukan: Sekaten merupakan salah satu ritual adat yang digelar secara rutian setiap tahun sebagai simbol peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Nama Teman: Jeni Asal Daerah: Riau Adat Istiadat yang Biasa Dilakukan: Berinai Curi, Henna yang digunakan untuk melukis kuku dan punggung tangan calon mempelai wanita) harus “dicuri” (diambil secara diam diam) dari rumah calon mempelai wanita. Nama Teman: Farah Asal Daerah: Sumatera Barat Adat Istiadat yang Biasa Dilakukan: Pesta Tabuik merupakan tradisi untuk memperingati meninggalnya cucu Nabi Muhammad SAW, Hasan dan Husain.

Nama Teman: Ruhut Asal Daerah: Sumatera Utara Adat Istiadat yang Biasa Dilakukan: Marhajabuanadalah upacara wajib pasangan pengantin baru, nantinya kedua pasangan pengantin akan diberikan pengalungan kain ulos sebagai tanda penghormatan. Tahukan kamu apa itu Sisingaan? Bacalah informasi di bawah ini! Pertunjukan Sisingaan merupakan sebuah pertunjukan yang membutuhkan kerja sama, kekompakan, kerja keras, ketertiban, dan ketekunan. Semua orang dari segala lapisan masyarakat yang beraneka ragam dapat ikut dalam iring iringan tersebut. Iring iringan dilakukan sambil mengitari kampung hingga akhirnya iringan kembali ke tempat semula. Tanpa adanya kerukunan, tentunya kerja sama yang baik tidak akan dapat terwujud.

Perhatikanlah iklan berikut ini dengan saksama. Masih ingatkah kamu dengan iklan media cetak? • Saat mengamati contoh iklan di depan, apa isi pesan yang dapat kamu temukan dalam kalimat di depan?

Jawaban: Isi pesan iklan: Hidup rukun adalah cermin budaya bangsa Indonesia. • Apa jenis bahasa yang digunakan dalam iklan tersebut?

Jawaban: Bahasa yang menarik dengan ragam bahasa resmi. Apa yang membuatnya sama atau berbeda dengan kalimat percakapan sehari hari? Jelaskan!

Jawaban: Berbeda, ragam bahasa resmi adalah ragam bahasa yang biasa digunakan dalam suasana resmi atau formal, misalnya surat dinas, pidato dan makalah atau karya tulis. Jika percakapan sehari hari memiliki bahasa yang berbeda dengan iklan media cetak, maka iklan media elektronik juga memiliki bahasa yang bisa jadi berbeda dengan iklan media cetak.

Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut ini! • Tentukan satu iklan media cetak dan satu iklan elektronik yang kamu ketahui. • Tuliskan kalimat yang terdapat dalam iklan media cetak dan iklan elektronik tersebut. • Diskusikan perbedaan dan persamaan kedua bahasa iklan itu. • Identifikasikan ciri ciri bahasa iklan elektronik sebagai hasil kesimpulan diskusi. • Tampilkan hasil diskusi tersebut di depan kelas secara bergantian. • Dengarkanlah hasil diskusi pasangan lain secara saksama. Jawaban:

Media Cetak: Iklan Sabun Lifebuoy Kalimat Iklan: Lifebuoy Bodywash, Kuman Lari! Media Elektronik: Iklan Kecap Bango Kalimat Iklan: Bango Benar Benar Kecap Tulislah sebuah kesimpulan singkat dari kegiatan yang baru saja kamu lakukan.

Jawaban: Kesimpulan: Bahasa pada iklan media cetak menggunakan ragam bahasa tidak resmi, sedangkan pada iklan media elektronik cenderung menggunakan ragam bahasa resmi. Bacakan kesimpulanmu kepada teman sebangkumu. Berikan kesempatan kepada temanmu untuk memberikan masukan dan saran atas kesimpulan yang kamu buat.

Tuliskan tiga hal yang menurutmu kurang menarik dari pelajaran hari ini. Tuliskan alasan mengapa menurutmu ketiga hal tersebut kurang menarik. Berikan saran untuk membuat kegiatan tersebut menjadi lebih menarik. Bersama dengan orang tuamu, bacalah kembali penjelasan tentang berbagai aktivitas di lingkungan sekitar. Mintalah orang tuamu untuk memberikan tiga pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang kamu miliki. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jelas dan lengkap. *) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.