Ilham Rio Fahmi Ingin Wujudkan Cita-cita Di Persija Jakarta

Menjadi pesepak bola profesional merupakan cita cita terbesar pemain muda Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi. Demikian disampaikan Rio dalam acara #TanyaGue yang tayang di YouTube Persija. Dalam tayangan tersebut, Rio Fahmi sempat bertutur panjang mengenai perjalanannya menggeluti dunia sepak bola profesional.

Rio Fahmi lahir di Desa Ampelsari, Kecamatan Banjarnegara, Jawa Tengah, 6 Oktober 2001 silam. Sebelum membela Persija, Rio bersekolah di MAN 2 Banjarnegara. "Saya hanya anak dari kampung," tutur Rio singkat seraya memperagakan berbicara dengan bahasa Jawa. Sejak masih di Banjarnegara, Rio sudah aktif bermain sepak bola. Dia pernah membela klub sepak bola Persibara U 17 yang tampil di Piala Suratin.

Selama membela Persibara U 17, Rio dibina seorang pelatih bernama Rio Hermawan. Setelah piala Suratin berakhir, tersiar kabar bahwa Persija Development mengadakan seleksi terbuka. "Jadi ada pamflet di media sosial, Persija Development mengadakan seleksi terbuka. Kebetulan pelatih saya menyuruh saya ikut," tutur Rio.

Bagi Rio sendiri Persija adalah klub sepak bola di Indonesia yang sangat dia idolakan. Pesepakbola berusia 20 tahun ini bahkan terang terangan mengakui bahwa dirinya adalah seorang Jakmania, fans setia Persija. Atas dasar itu usulan untuk mengikuti seleksi terbuka menjadi pemain Persija benar diikuti oleh Rio.

Di momen ini, Rio Hermawan yang merupakan pelatih Persibara U 17, memiliki andil besar dalam perjalanan karier seorang Rio Fahmi. Di mana Hermawan membiayai sepenuhnya keperluan Rio Fahmi untuk mengikuti seleksi terbuka Persija di Jakarta. "Pelatih saya juga yang membiayai saya untuk ikut seleksi, karena saat itu saya tidak mempunyai uang. Jadi pelatih saya yang ngasih ongkos untuk ke Jakarta," ungkap dia.

"Menurut saya, pelatih saya yang dari kampung, Coach Rio Hermawan, ambil andil besar untuk karier saya sampai saat ini," sambung Rio Fahmi. Hingga akhirnya Rio kemudian berangkat ke Jakarta, untuk ikut seleksi. Ada ratusan peserta dari seluruh Indonesia yang saat itu hadir. "Awalnya saya bismillah saja, terpilih syukur kalau tidak saya jadikan pengalaman. Tetapi alhamdulilah saya bisa terpilih masuk ke tim Elite Pro Academy Persija U 20," tutur Rio Fahmi.

Setelah itu pada akhir bulan September 2021, Rio Fahmi mendapatkan kesempatan mengikuti trial latihan di tim utama Persija. "Dan alhamdulilah sekarang bisa di tim utama," pungkas Rio. Rio Fahmi menjalani debutnya bersama tim senior Persija pada BRI Liga 1 musim 2021/2022.

Dari 17 pertandingan yang telah dijalani Persija, Rio tampil sebanyak 14 kali. Catatan ini menunjukkan bahwa sang pemain berperan penting dalam strategi dan taktik Angelo Alessio. Kini pemuda asal Banjarnegara ini mendapat perpanjangan kontrak kerja selama 3,5 tahun bersama Persija.

“Alhamdulillah, senang, dan bersyukur bisa lama di Persija. Insya Allah saya bisa membuktikan kepada manajemen yang sudah mempercayai saya untuk perpanjang kontrak,” kata Rio, dilansir dari situs resmi Persija.

Leave a Reply

Your email address will not be published.