Hakubun Shimomura Mundur dari Pencalonannya Sebagai Ketua LDP Jepang

Mantan Menteri Pendidikan dan Ketua Pemilihan Presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) Hakubun Shimomura akhirnya mengundurkan diri dari pencalonannya dalam pemilu LDP mendatang setelah PM Yoshihide Suga memintanya mempertimbangkan langkah ekonomi tambahan di tengah pandemi corona. Padahal Hakubun Shimomura diperkirakan akan mendapat banyak dukungan untuk menjadi Ketua LDP yang baru. "Saya mengundurkan diri dari pencalonan bulan depan dan perlu memenuhi tanggung jawabnya saat ini setelah diinstruksikan oleh Perdana Menteri Suga untuk mempertimbangkan langkah langkah ekonomi tambahan. Saya memutuskan untuk melepaskan pencalonan dan memberi tahu orang orang yang bersangkutan segera," papar Shimomura, Senin (30/8/2021).

Shimomura, yang sangat ingin mencalonkan diri dalam pemilihan presiden LDP bulan depan, bertemu dengan Perdana Menteri Suga di Kantor Perdana Menteri pada tanggal 30 Agustus pagi. Dalam hal ini, Perdana Menteri Suga menginstruksikan untuk mempertimbangkan langkah langkah ekonomi tambahan sehubungan dengan berlanjutnya penyebaran virus corona. Menurut orang orang yang bersangkutan, Perdana Menteri Suga menunjukkan bahwa "Jika Anda mencalonkan diri dalam pemilihan presiden, mungkin sulit untuk melanjutkan posisi ketua investigasi politik LDP."

Setelah itu, Shimomura membahas tanggapan satu demi satu dengan mantan Sekretaris Jenderal Hosoda, yang merupakan ketua faksi Hosoda tempat dia berasal, dan mantan Perdana Menteri Abe yang masih memiliki banyak pengaruh di dalam LDP saat ini. Dia memutuskan untuk meninggalkan pencalonannya, mengatakan bahwa dia perlu memenuhi tanggung jawabnya saat ini, dan memberi tahu orang orang yang bersangkutan. Hal ini akan diumumkan secara resmi pada sore hari ini.

Mengenai pencalonan Shimomura, ada pendapat dari dalam faksi Hosoda bahwa dia meminta bobotnya sendiri karena dia adalah ketua investigasi politik dari tiga peran partai. Mengenai pemilihan presiden Partai Demokrat Liberal, Perdana Menteri Suga telah berulang kali menyatakan kesediaannya untuk terpilih kembali. Mantan Menteri Luar Negeri Kishida secara resmi mengumumkan pencalonannya minggu lalu, dan mantan Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Takaichi telah menyatakan kesediaannya untuk mencalonkan diri pula.

Bila hal itu terjadi, hanya Kishida saja yang kuat menghadapi pertarungan dnegan PM Suga dan kemungkinan besar tetap PM Suga yang akan terpilih kembali sebagai Ketua LDP. Ini artinya dia akan melanjutkan tugasnya sebagai PM Jepang yang baru. Namun hal itu juga tergantung kepada pemilu nasional setelah parlemen dibubarkan September mendatang oleh PM Suga. Apabila hasil pemilu nasional menghasilkan jumlah anggota parlemen mayoritas dipegang LDP dan Komeito, 100 persen Suga akan menjadi PM Jepang kembali.

Namun kalau Oposisi yang menang (menguasai kursi parlemen) dalam pemilu nasional mendatang, keadaannya akan berubah total. Sementara itu beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: [email protected] dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.