Ganjar Pranowo Ucapkan Belasungkawa atas Meninggalnya YouTuber Mbah Minto: Panjenengan Tiyang Sae

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, turut berduka cita atas meninggalnya YouTuber asal Klaten, Jawa Tengah, Minto Suwito Siyam atau yang dikenal Mbah Minto. Mbah Minto meninggal dunia di usia 85 tahun, setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Melalui akun Twitternya, Ganjar turut berbelasungkawa atas kepergian YouTuber 85 tahun yang sering tampil di YouTube Ucup Klaten ini.

Ganjar mengucapkan selamat jalan kepada Mbah Minto dan bersaksi Mbah Minto adalah orang yang baik. "Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji'un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saestu, panjenengan tiyang sae. husnul khotimah nggih mbah," tulis Ganjar di akun Twitternya, @ganjarpranowo, Kamis (23/12/2021). Mbah Minto adalah seorang nenek berusia 85 tahun yang mendadak menjadi viral berkat videonya bersama YouTuber Ucup Klaten.

Ganjar sendiri pernah menelepon dan memberikan THR Rp1 juta kepada Mbah Minto. Gubernur Jawa Tengah itu berbincang dengan Mbah Minto usai viralnya video Gagal Mudik yang diperankan Mbah Minto bersama Ucup Klaten. Diketahui, dalam video tersebut diceritakan tentang kisah seorang anak yang ingin pulang kampung karena rindu dengan ibunya.

Dalam video, diperlihatkan juga saat anak tersebut kemudian menelepon ibunya untuk menceritakan niatnya. “ Orasah mudik le. Eneng kono sik. Lagi usum virus ,” ujar Mbah Minto dalam bahasa Jawa. Arti perkataannya itu, “Jangan mudik, Nak. Di sana saja. Baru musim virus".

Berkat viralnya video tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut merespons video karya Mbah Minto dan Ucup. Mbah Minto, apakah kamu tahu tokoh mbak kita yang satu ini? Seorang selebgram 'ora mudik' dari Klaten ," begitu tulis Ganjar dalam postingan di Instagramnya pada 1 April 2020. Tak hanya itu, Ganjar bahkan melakukan live Instagram bersama Mbah Minto dan memberikan THR sebesar Rp1 juta.

"Kemarin, Ganjar menelepon Mbah Minto via Instagram lewat saya, Ganjar kasih THR buat Mbah Minto, Rp 1 juta," ungkap Ucup Klaten, Minggu (3/5/2020), dilansir Hingga kini, sudah ratusan video yang telah dibuat Ucup bersama Mbah Minto. Mayoritas video yang dibuat Ucup bersama Mbah Minto adalah video dagelan Jawa.

Tingkah laku dan kelucuan Mbah Minto ini pun membuat warganet terhibur. Namun kini, Mbah Minto telah wafat di usia 85 tahun setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Mbah Minto akan dimakamkan di Sasonoloyo Wonosegaran Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat pada Kamis pukul 14.00 WIB.

Dihimpun dari Mbah Minto meninggal dunia setelah menjalani 11 hari perawatan di rumah sakit. Sebelum masuk rumah sakit, Mbah Minto sempat terjatuh dari kamar mandi. Hal itu membuat Mbah Minto harus dilarikan ke rumah sakit.

Riswanto (24), sang cucu, mengatakan saat itu dirinya menemukan kondisi rumah Mbah Minto berantakan. Setelah diperiksa, ia mendapati Mbah Minto sudah terjatuh di kamar mandi. "Saya pulang kerja jam 2 (siang), curiga rumah kok berantakan. Terus saya bersih bersih rumah terus kerasa pengen pipis."

"Sampai kamar mandi tapi pintu enggak bisa dibuka saya coba naik ke atas, tahu tahu lihat Simbah sudah jatuh," ucap Aris. Mbah Minto kemudian dibawa ke IGD Rumah Sakit Bagas Waras untuk mendapat pertolongan. Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata Mbah Minto mengalami pecah pembuluh darah dan terdapat tumor otak.

Karena kondisi tak kunjung membaik, Senin (20/12/2021) sore, Mbah Minto dirujuk ke Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten. Aris menjelaskan, di RSI, Mbah Minto langsung dimasukkan ke ICU selama sehari dan dihari berikutnya menjalani operasi. "Di RSI kan masuk ICU sehari habis itu Operasi. Setelah operasi masuk ke bangsal biasa," tutur Aris.

Pascaoperasi, keadaan Mbah Minto sempat membaik. Namun, tak lama kemudian Mbah Minto kembali drop hingga kemudian meninggal dunia. Sebelumnya, kabar duka meninggalnya Mbah Minto ini dibagikan Ucup Klaten, YouTuber yang kerap mengajak Mbah Minto membuat video.

Sugeng tindak Simbok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.