AS Kirim Bantuan Tambahan Vaksin Sebanyak 3,5 Juta untuk Indonesia

Pada tanggal 4 Maret, tambahan 3,5 juta dosis vaksin Pfizer sumbangan dari Amerika Serikat (AS), tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta. Kabar ini dikonfirmasi oleh Kedutaan AS di Jakarta lewat pernyataan pers hari Senin (7/3/2022). Hingga saat ini, Amerika Serikat melalui kemitraan dengan COVAX dan UNICEF telah menyumbang lebih dari 32,3 juta dosis vaksin COVID 19 untuk mendukung target vaksinasi Pemerintah Indonesia.

"Dengan total komitmen 4 miliar dolar, Amerika Serikat juga menjadi donor terbesar untuk COVAX, yang telah membantu Gavi, kemitraan kesehatan global publik swasta, mengirimkan lebih dari 90 juta dosis vaksin ke Indonesia," tulis pernyataan itu. Direktur USAID, Jeff Cohen mengatakan secara global, AS telah menyumbangkan lebih dari 1,2 miliar dosis vaksin COVID 19 ke negara negara yang paling membutuhkan. AS juga telah mengirimkan lebih dari 483 juta vaksin ke 110 negara.

Cohen berujar jumlah dosis yang disumbangkan ini lebih banyak dari gabungan bantuan vaksin dari semua negara lain. “Amerika Serikat memegang teguh komitmen kemitraan kami dengan Indonesia untuk mengakhiri pandemi, menjaga kesehatan masyarakat, dan membuka kembali perekonomian,” kata Jeff Cohen. Amerika Serikat juga memberikan dukungan untuk tempat vaksinasi, melatih petugas kesehatan, dan mendukung logistik untuk distribusi vaksin ke daerah daerah terpencil.

Cohen mengatakan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan mitra organisasi masyarakat sipil juga telah menjangkau puluhan juta masyarakat Indonesia melalui promosi vaksinasi serta melawan penyebaran informasi yang salah dan disinformasi. "Sejak awal pandemi, pemerintah AS telah memberikan lebih dari 77 juta dolar untuk mendukung respons Indonesia terhadap COVID 19, yang merupakan tambahan dari bantuan kesehatan senilai lebih dari 1 miliar dolar selama dua dekade terakhir,"

Leave a Reply

Your email address will not be published.